Jenis Lebah Penghasil Madu Terbaik

Sering mengonsumsi madu harian untuk kesehatan ? Kalau iya, tahukah darimana madu tersebut berasal ? Madu merupakan nutrisi yang dihasilkan oleh lebah. Dan jenis-jenis lebah penghasil madu terbaik ternyata juga bisa dibudidayakan lho. Dan.. pastikan anda mengkonsumsi madu asli murni karena madu baik untuk kesehatan.

7 Jenis Lebah Penghasil Madu Terbaik

Madu mengandung nutrisi yang sangat luar biasa dan bagus khasiatnya bagi tubuh. Maka tak heran, jika banyak orang yang rutin mengonsumsinya guna menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit. Dan madu yang khasiatnya terjamin, berasal dari jenis lebah terbaik.

Jenis-jenis lebah penghasil madu terbaik kini bisa dibudidayakan dengan mudah. Sebenarnya, ada banyak jenis lebah penghasil madu yang cukup populer di Indonesia. Berikut ini adalah jenis lebah yang menghasilkan madu kualitas terbaik.

1. Lebah Madu Australia

Salah satu jenis lebah penghasil madu berkualitas adalah lebah Madu Australia, yang mana jenis lebah satu ini cukup terbatas penyebarannya. Banyak petani madu yang tertarik untuk membudidayakan lebah Madu Australia karena mudah menghasilkan madu terbaik.

Dikenal juga sebagai Apis Mellifera, lebah ini memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya dengan cepat dan baik. Terlebih ia juga memiliki daya tahan tubuh yang begitu mengagumkan dan hasil madu yang melimpah.

2. Lebah Apis Cerana

Lebah Apis Cerana adalah jenis lebah penghasil madu yang rasanya begitu lezat. Walaupun jenis lebah lebah satu ini termasuk binatang yang cukup ganas dibandingkan jenis lebah lainnya, namun Apis Cerana bisa dibudidayakan secara modern ataupun tradisional.

Namun sayangnya, binatang yang termasuk dalam kategori serangga ini dinilai kurang produktif dalam menghasilkan madu. Adapun proses budidayanya juga tergolong sulit dilakukan.

Tapi jangan salah, jenis lebah Apis Cerana bisa berkembang dengan lebih baik dan produktif dalam menghasilkan madu terbaik jika proses budidayanya dilakukan dengan teknik yang benar.

3. Lebah Madu Raksasa / Liar

Lebah madu raksasa atau yang disebut juga dengan nama Apis Dorsata tergolong serangga penghasil madu terbaik. Binatang yang habitatnya berada di Nusa Tenggara Timur, Pulau Kalimantan hingga Sulawesi ini banyak diburu oleh pembudidaya lebah madu.

Lebah madu raksasa sebagai penghasil madu terbaik ini kerap membuat sarang dari satu sisi saja. Biasanya, lebah akan membangun sarangnya di atas dahan atau ranting-ranting pohon, jurang yang terjal, langit-langit terbuka hingga di tebing bebatuan.

Apis Dorsata termasuk jenis lebah yang memiliki ukuran lebih besar jika dibandingkan dengan jenis lebah penghasil madu lainnya. Dan uniknya lagi, para ilmuwan hingga saat ini belum mampu membudidayakan lebah madu raksasa dalam bentuk yang tertutup.

Walaupun lebah satu ini sudah jarang ditemukan di pulau Jawa, tidak menutup kemungkinan juga bisa dibudidayakan dan dipanen madunya. Dalam proses pemanenan, dibutuhkan tenaga ekstra dan harus dilakukan dengan hati-hati terhadap lokasi sarangnya supaya tidak mengalami cedera karena terkena sengatan.

4. Lebah Madu Merah

Jenis-jenis penghasil madu terbaik selanjutnya adalah lebah madu merah yang habitanya berada di berbagai wilayah mulai dari Indonesia hingga Malaysia. Sementara untuk di Indonesia sendiri, lebah jenis satu ini mendiami wilayah Kalimantan dan Sumatra.

Lebah madu merah memiliki ukuran tubuh yang cukup besar jika dibandingkan jenis serangga penghasil madu terbaik lainnya. Walaupun begitu, banyak peternak lebah yang tertarik membudidayakan serangga satu ini karena terbilang cukup produktif.

Untuk membudiayakan lebah madu merah, sebaiknya harus benar-benar diperhatikan bagaimana proses budidaya yang tepat supaya hasilnya pun juga maksimal. Pembudidaya harus waspada saat proses pemanenan tiba agar terhindar dari sengatan serangga.

5. Lebah Madu Lokal Sulawesi

Pernah menemukan lebah Madu Lokal Sulawesi ? Nama lainnya adalah Apis Nigricincta. Lebah satu ini termasuk serangga yang langka karena hanya bisa ditemukan di Indonesia dan Filipina.

Lebah Madu Lokal Sulawesi ini hidupnya berkelompok dan jarang berpindah tempat. Bahkan uniknya lagi, sang ratu lebah mampu menghasilkan setidaknya 2000 telur setiap harinya dalam setiap kelompok.

6. Apis Andreniforms

Apis Andreniforms, salah satu jenis lebah penghasil madu terbaik yang berukuran paling kecil dibandingkan lebah madu lainnya. Umumnya, mereka hidup pada ketingian 5 meter di atas permukaan tanah dan membuat sarangnya di atas pohon atau di semak-semak.

Nah, itulah 6lebah madu yang tergolong dalam jenis-jenis lebah penghasil madu terbaik yang bisa ditemukan di Indonesia. Sekarang, sudah tahu bukan jenis lebah apa saja yang termasuk penghasil madu paling produktif dan mudah dibudidayakan ? Jangan lupa juga baca artikel tentang manfaat madu trigona untuk ginjal.

7. Trigona Spp

Lebah Trigona sering di kenal dengan sebutan lebah tanpa sengat, dengan struktur tubuh lebih kecil daripada lebah jenis Apis. Produksi madunya relatif lebih sedikit jika dibandingkan dengan produksi madu dari jenis lebah Apis, namun di percaya lebih kaya akan manfaat.

Jual Madu Klanceng Terbaik Se Indonesia Produksi Sendiri

Setelah menyimak artikel ini, apakah mulai tertarik untuk membeli madu terbaik yang dihasilkan oleh salah satu lebah yang disebutkan di atas ? Nah, jika iya, segera dapatkan madu terbaik ditempat kami, salah satu peternak madu lebah dengan kualitas dan kebersihan terkontrol.

Jenis Lebah Penghasil Madu Terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top
Share via
Copy link
Powered by Social Snap