Madu Klanceng Aman untuk Penderita Diabetes

Madu Klanceng adalah nutrisi yang khasiatnya luar biasa bagi kesehatan tubuh. Namun, bagaimana jika penderita diabetes mengonsumsi madu jenis ini ? Akankah konsumsi Madu Klanceng aman untuk penderita diabetes ? Dan, pastikan anda mengkonsumsi madu asli murni. Mari temukan jawabannya di bawah ini.

Manfaat Madu Klanceng untuk Penderita Diabetes

Seperti yang kita ketahui bahwa orang yang menderita diabetes tidak dianjurkan untuk mengonsumsi asupan manis. Lantas, bagaimana dengan mengonsumsi madu ? Apakah Madu Klanceng aman untuk penderita diabetes ?

1. Penyebab Sakit Diabetes

Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan ciri-ciri berupa tingginya kadar gula darah. Dan orang yang mengidap penyakit ini tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang memiliki rasa manis.

Selain itu, juga disarankan untuk menghindari makanan dan minuman yang banyak mengandung gula tambahan. Sebab, salah satu faktor terbesar penyakit ini karena meningkatnya kadar gula dalam darah.

Naiknya kadar gula dalam darah tentu saja diakibatkan karena terbiasa mengonsumsi makanan dan minuman manis secara berlebihan. Lantas, bagaimana dengan konsumsi madu yang notabene rasanya manis ?.

2. Efek Konsumsi Madu untuk Penderita Diabetes

Madu yang rasanya manis tidak baik bagi kesehatan si penderita diabetes. Apakah hal ini benar ? Coba kita ulas kembali, bahwa diabetes atau kencing manis merupakan penyakit metabolik yang diakibatkan karena naiknya kadar gula darah.

Lantas, apakah penderita diabetes diperbolehkan mengonsumsi madu ? Adakah efek madu untuk diabetes ? Perlu diingat bahwa madu dan gula sama-sama mengandung fruktosa dan glukosa dengan perbandingan 1 banding 1. Akan tetapi, madu dikenal dengan kandungan zat gizinya yang lebih daripada gula.

Beberapa zat gizi yang terkandung di dalam madu memang bagus untuk kesehatan tubuh, seperti zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, zink, kalium, vitamin B dan vitamin C. Bahkan madu juga mengandung protein yang tidak ditemukan pada gula.

Jadi, apakah ini berarti mengonsumsi madu aman bagi penderita diabetes ?  Nah, berdasar berbagai penelitian terkait masalah ini ternyaa masih kontradiktif. Sebagian ada yang menyebutkan tentang adanya efek positif madu untuk diabates, dan sebaliknya.

Ada sebuah fakta yang didapat dari sebuah penelitian yang dilakukan selama 8 minggu, yakni dengan penambahan madu dalam diet bagi penderita diabetes mampu memperbaiki kadar gula darah dalam waktu singkat.

Sementara itu, ditemukan pula fakta lain pada penelitian yang menunjukkan tentang efek buruk dari mengonsumsi madu. Penelitian ini menyebutkan bahwa madu yang dikonsumsi oleh pengidap diabetes akan memperburuk kadar gula darah dalam jangka panjang.

Namun, dari kedua penelitian tersebut ada sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2014, menyebutkan bahwa kombinasi madu dengan obat pengontrol gula darah memiliki dampak yang postif.

Dalam studi tersebut, madu dipercaya dapat melengkapi pengobatan diabetes. Hal ini dilatar belakangi karena madu diperkaya oleh zat antioksidan yang membantu mengelola kadar gula darah serta turut meningkatkan produksi insulin.

Jadi, berdasar penelitian-penelitian diatas, bagaimanakah efek dari mengonsumsi madu bagi penderita diabetes ? Dapat disimpulkan bahwa efek yang diberikan ternyata tergantung dari komposisi madu dan seberapa terkontrolnya gula darah penderita diabetes.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa konsumsi madu sangat tidak dianjurkan bagi penderita diabetes dengan kontrol gula darah yang buruk. Walaupun demikian, sebaiknya bagi penderita diabetes tetap harus mengurangi makanan dan minuman dengan manis berlebih.

Namun, bagi penderita diabetes ringan yang dapat mengontrol kadar gula darah dengan baik, diperbolehkan mengonsumsi madu dalam batas wajar. Dan lebih bagusnya jika memanfaatkan madu sebagai pengganti gula.

3. Madu Klanceng Aman Dikonsumsi

Madu adalah minuman bernutrisi yang dikenal memiliki rasa manis. Namun ternyata, jenis madu satu ini dibilang cukup aman untuk dikonsumsi oleh orang yang mengidap diabetes. Karena rasanya yang agak masam lah yang membuat Madu Klanceng aman dikonsumsi.

Sederet khasiat yang baik bagi kesehatan dan kecantikan dengan memanfaatkan madu telah dikenal luas. Hal ini dikarenakan madu memiliki banyak kandungan, diantaranya yaitu antioksidan, flavonoid, fenolat, air, gula, asam amino, vitamin C, vitamin E, zat besi dan zinc.

4. Cara Konsumsi Madu yang Aman bagi Penderita Diabetes

Berdasar uraian diatas, Madu Klanceng aman untuk penderita diabetes. Walaupun ada yang masih kontroversial, tidak berarti harus dihindari sepenuhnya. Untuk itu, bagi penderita diabetes harus ketahui bagaimana cara aman minum madu klanceng atau trigona.

Sebelum mengonsumsinya, pastikan bahwa kadar gula darah pengidap diabetes sudah terkontrol dengan baik. Setelah itu, minum madu sedikit demi sedikit, yakni sesuaikan dengan asupan kalori yang dibutuhkan.

Nah, demikianlah uraian singkat tentang Madu Klanceng aman untuk penderita diabetes yang mungkin bermanfaat bagi para pembaca yang sedang membutuhkan infromasi terkait hal ini.

Jual Madu Klanceng Ampuh Atasi Diabetes

Omah Klanceng Bee Farm membudidayakan lebah klanceng untuk memproduksi madu asli murni dengan kualitas yang terjamin khasiatnya bagi kesehatan. Bagi penderita diabetes, tak ada salahnya mencoba konsumsi Madu Klanceng dari produk kami. Selain mengetahui manfaat madu diatas ketahui juga manfaat madu klanceng untuk wajah agar lebih giat untuk menjaga kesehatan kulit.

Madu Klanceng Aman untuk Penderita Diabetes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top
Share via
Copy link
Powered by Social Snap