Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil

Banyak sekali manfaat madu untuk kesehatan, salah satunya adalah Manfaat Madu utk Ibu Hamil? Ini Penjelasannya – Bukan hal baru bahwa konsumsi madu memberikan begitu manfaat yang tak diragukan, termasuk juga manfaatnya bagi ibu hamil. Manfaat madu ini bisa didapatkan oleh ibu hamil maupun janin dalam kandungan, karena banyaknya senyawa yang terkandung. Manfaat-manfaat yang dimaksud tentunya sangat penting dan dibutuhkan ketika masa masa kehamilan.

Apalagi dimasa tersebut ibu hamil membutuhkan nutrisi yang lebih kompleks dibandingkan kondisi sebelumnya. Bahkan sudah banyak para ahli yang mengklaim bahwa produk madu memberikan segudang khasiat. Contohnya saja seperti mengurangi dan mengatasi berbagai keluhan yang mungkin saja muncul di sepanjang kehamilan. Selain itu ada banyak pula manfaat lain yang perlu ibu hamil tahu dari konsumsi madu.

Baca : Khasiat Madu Asli Untuk Pria

Apa Saja Manfaat Madu untuk Ibu Hamil?

Bisa meredakan batuk yang dialami ibu hamil

Ibu hamil yang sedang mengalami batuk bisa menggunakan madu karena ada banyak manfaat madu utk kesehatan Ibu Hamil. Mengingat dalam kondisi tersebut, obat obatan yang bisa diminum atau dikonsumsi sangatlah terbatas dan tidak bisa sembarangan.

Inilah sebabnya madu menjadi salah satu jenis obat alami bagi ibu hamil, karena di dalamnya juga terdapat beberapa senyawa ampuh. Senyawa ini memiliki sifat anti peradangan dan anti bakteri, serta akan lebih efektif bila dikombinasikan dengan bahan bahan alami lainnya.

Contohnya saja seperti bahan alami dari jahe, jeruk nipis, dan bahan lain. Nah, khasiat madu untuk ibu hamil ini bisa anda dapatkan dengan cara mencampurkan 1 sdm madu dalam 1 cangkir susu hangat. Selain itu, anda pun bisa mencampurkan bahan bawang putih yang sudah ditumbuk ke dalam madu untuk mendapat manfaat madu bagi ibu hamil.

Manfaat madu untuk ibu hamil sebagai sumber energi

Perlu Anda tahu bahwa madu bisa dijadikan sebagai salah satu asupan untuk penambah energi bagi ibu hamil. Terutama bagi ibu hamil yang sudah masuk pada trimester tiga atau akhir, dimana pada masa masa ini ibu hamil akan cenderung mudah capek dan cepat lelah. Manfaat madu ini didapatkan karena adanya kandungan kalori yang cukup, serta konsumsinya juga bisa meningkatkan metabolisme.

Dapat mengurangi rasa nyeri di tenggorokan

Bahan madu diklaim mengandung komponen yang bersifat sebagai anti nyeri, yang mana penggunaannya bisa mengurangi rasa nyeri akibat sakit tenggorokan. Cara membuat minuman pereda nyeri tenggorokan ini adalah dnegan mencampurkan 1 sdm madu dan sedikit tetesan air jeruk nipis, lalu masukkan ke dalam air hangat. Anda bisa menggunakan larutan campuran ini sebagai obat kumur maupun diminum secara langsung.

Mengurangi keluhan mual muntah saat hamil

Kondisi mual muntah sering kali dirasakan oleh ibu hamil, terutama di trimester pertama kehamilan atau saat hamil muda. Hal ini biasanya disebabkan akibat terjadinya perubahan hormonal dan membuat rasa ketidak nyamanan.

Maka dari itu, anda bisa menggunakan ramuan dari campuran antara bahan madu dan juga air perasan jeruk nipis maupun cuka apel untuk merasakan manfaat madu bagi ibu hamil. Mengkonsumsi minuman tersebut ketika mual bisa lebih membantu ibu hamil dalam mengurangi rasa mual yang dialaminya.

Mengobati gangguan lambung dan saluran cerna

Saat hamil, seringkali kondisi pencernaan ibu jadi lebih melambat atau tidak lancar. Hal ini karen adanya perubahan hormonal serta kondisi rahim yang semakin menekan. Perubahan ukuran rahim ini akan menekan usus dan organ lambung dan membuat perut terasa begah.

Bahkan di trimester 3 atau akhir kehamilan, lambung seringkali mengalami iritasi yang bisa diatasi menggunakan manfaat madu utk kesehatan ibu hamil. Anda bisa mengatasi ini menggunakan 1 sendok makan madu yang dicampurkan ke dalam 1 gelas susu hangat.

Kondisi kesehatan ibu dan janin lebih sehat terjaga

Bahan madu mengandung begitu tinggi anti oksidan yang efektif dalam meningkatkan kesehatan, khususnya bagi ibu hamil. Konsumsi madu selama hamil juga dapat membantu perkembangan janin agar tetap normal tanpa mengalami gangguan.

Mencegah bertambahnya berat badan berlebihan

Kondisi ibu yang sedang hamil sering kali menjadi lebih mudah untuk naik berat badan. Hal ini dikarenakan ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi yang akan disalurkan ke janin untuk perkembangannya. Namun perlu diingat bahwa berat badan ibu ketika hamil tidak boleh berlebihan. Mengatasi hal ini, manfaat madu untuk kesehatan ibu hamil bisa dijadikan sebagai alternatif pengganti gula agar berat badan naik secara stabil.

Baca : Pantangan Setelah Minum Madu

Beberapa manfaat madu untuk ibu hamil ini memang efektif untuk ibu konsumsi selama kehamilan. Konsumsinya juga bisa meningkatkan kualitas tidur ketika diminum sebagai campuran susu di malam hari. Selain itu konsumsi madu juga bisa mengatasi berbagai masalah kulit yang biasa dialami oleh ibu hamil, seperti halnya ruam, gatal-gatal, iritasi, serta resiko mengalami selulit.

Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top