Pantangan Setelah Minum Madu

pantangan setelah minum madu

Apakah mengonsumsi madu memiliki efek samping bagi tubuh ? Percaya atau tidak, ada beberapa pantangan setelah minum madu yang harus diketahui agar tidak menyebabkan masalah kesehatan. Kira-kira, apa saja ya pantangannya ?

Ketahui 3 Pantangan Setelah Minum Madu

Setelah minum madu, apa yang tidak boleh dilakukan ? Pasalnya, banyak orang yang tidak perhatian dengan pantangan apa saja setelah minum madu. Dibalik segudang manfaat baik bagi kesehatan, ternyata pantangan setelah minum madu tidak boleh dilanggar.

Pantangan apa saja setelah mengonsumsi madu yang dianggap berbahaya bagi kesehatan jika dilakukan ? Sebab, jika pantangan-pantangan tersebut dilanggar, maka ada konsekuensi yang harus dihadapi. Penasaran, apa saja pantangan tersebut ? Yuk simak uraiannya berikut ini.

Baca Juga : Cara Minum Madu Klanceng yang Baik

1. Tidak Dianjurkan Konsumsi Makanan Tinggi Gula Setelah Minum Madu

Madu adalah minuman alami yang dikenal memiliki banyak khasiat bagus bagi kesehatan tubuh. Namun, konsumsi madu yang tidak kenal aturan bisa menyebabkan masalah kesehatan. Salah satunya dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Madu dengan kandungan magnesium, kalium, antioksidan, mineral serta rendah glukosa dan fruktosa di dalamnya, juga berpotensi menyebabkan kenaikan berat badan yang disertai dengan risiko peningkatan penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Madu kerap dijadikan sebagai bahan pengganti gula yang dianggap lebih sehat. Di dalam madu asli terkandung fruktosa dan glukosa yang lebih rendah dari gula biasa. Selain itu, madu asli juga dilengkapi dengan kandungan magnesium, kalium, antioksidan dan mineral.

Walaupun demikian, jika pantangan setalah mengonsumsi madu dilanggar, maka akan menyebabkan masalah pada kesehatan. Konsumsi madu secara berlebih akan beresiko meningkatkan kadar gula darah sehingga mengakibatkan penyakit jantung, diabetes tipe 2 bahkan kenaikan berat badan.

Oleh sebab itu, supaya khasiat madu yang dikonsumsi terasa, maka tidak dianjutkan untuk konsumsi makanan atau minuman tinggi gula setelah sesaat sebelumnya meminum madu. Atur konsumsi madu harian dengan tidak mengonsumsinya terlalu berlebihan.

2. Hindari Langsung Tidur Setelah Minum Madu

Pantangan setelah minum madu selanjutnya ialah menghindari langsung tidur sesaat setelah minum madu. Madu mengandung kalori yang cukup tinggi yang melebihi gula sekalipun. Madu mengandung 64 kalori, sementara dalam gula hanya 49 kalori saja.

Oleh karena itu, tidak dianjurkan untuk langsung tidur setelah mengonsumsi madu. Dan sebaiknya konsumsi madu di pagi hari supaya lebih berenergi. Sebab, pada sebagian besar orang memiliki kebiasaan minum sesendok madu menjelang waktu tidurnya di malam hari.

Jadi, gantilah kebiasaan minum madu saat pagi hari sebelum beraktivitas. Hal ini dimaksudkan supaya kalori tinggi pada madu dapat terbakar. Karena, jika kalori yang terkandung di dalamnya menumpuk dalam jangka waktu lama, kemungkinan besar akan meningkatkan risiko obesitas.

3. Tidak Mengonsumsi Madu yang Dihangatkan

Sudah pernah mendengar bahaya tentang madu yang dihangatkan ? Saat dihangatkan, madu akan mengeluarkan racun yang bernama Hidroksimetilfurfural (HMF) dan ini menjadikannya lebih sulit dicerna.

Berdasar penelitian yang dilakukan, konsumsi madu yang dipanaskan bisa membuat senyawa pada madu sulit dicerna. Ini disebabkan karena madu panas akan menghasilkan racun “ama” yang muncul saat tubuh mengalami masalah pencernaan.

Nah, hal ini juga berlaku pada konsumsi madu dan minyak samin di waktu yang sama atau berdekatan. Kombinasi makanan dan minuman satu ini dipercaya dapat membahayakan tubuh.

Konsumsi minyak samin atau ghee bersama madu atau setelah minum madu dalam waktu berdekatan tidak sangat dianjurkan. Sebab, keduanya dianggap dapat menghasilkan racun bagi tubuh.

Itulah pantangan setelah minum madu yang penting diketahui agar tidak terjadi masalah kesehatan yang serius. Selain pantangan di atas, ada juga pantangan untuk memberikan madu pada bayi di bawah usia 12 bulan. Mengapa ?

Meskipun madu tergolong aman bagi orang dewasa, namun sebaiknya tidak diberikan pada bayi yang usianya dibawah 12 bulan. Sebab, umumnya madu mentah akan rentan terpapar spora bakteri Clostridium botulinum, dimana bakteri tersebut dapat menyebabkan keracunan botulisme, yakni tubuh akan mengalami kelumpuhan yang mengancam jiwa.

Walaupun demikian, efek samping satu ini jarang menyerang anak-anak dan orang dewasa karena sistem pencernaannya sudah memiliki ketahanan untuk mencegah perkembangan spora C. Botulinum.

Akan tetapi, jika setelah mengonsumsi madu sesaat kemudian merasakan gejala seperti mual, pusing, muntah dan diare, maka sebaiknya segera kunjungi dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Jual Madu Asli Murni Berkualitas Produksi Omah Klanceng Bee Farm

Madu asli berkualitas adalah madu asli yang diproduksi melalui proses yang benar-benar terjamin khasiatnya. Tidak perlu khawatir dengan khasiat madu yang diproduksi oleh Madu Panen Sendiri, sebab kami mengutamakan kualitas madu yang asli dan aman dikonsumsi.

Nah, setelah mengetahui informasi mengenai apa saja pantangan yang tidak boleh dilakukan sesaat setelah minum madu, maka jangan sampai ketinggalan artikel tentang manfaat madu untuk asam lambung. Segera dapatkan madu asli berkualitas dari Madu Panen Sendiri sekarang juga !

Pantangan Setelah Minum Madu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top
Share via
Copy link
Powered by Social Snap