Perbedaan Madu Asli dan Palsu, dan Cara Ngetesnya

Saat ini, mendapatkan madu yang benar-benar asli bukanlah perkara yang mudah dilakukan. Terutama bagi Anda yang baru saja akan merutinkan diri mengkonsumsi madu. Baik untuk mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan atau kecantikan. Hal ini merupakan sesuatu yang lumrah, karena perbedaan madu asli dan palsu terbilang sangat kecil. Sehingga kadang membuat banyak orang tergiur dan ‘nggak mau’ susah-susah melakukan pengetesan terhadap madu yang akan dibeli. Padahal sebenarnya, melakukan pengetesan terhadap madu juga tergolong mudah, meskipun perbedaan madu asli dan palsu kecil. Karena saat ini, sudah banyak orang-orang yang melakukan eksperimen terhadap madu demi mendapatkan madu-madu berkualitas yang memang kaya akan nutrisi.

Dari dulu, madu sudah dijadikan sebagai bahan pengobatan oleh orang-orang terdahulu. Sehingga, banyak orang-orang terdahulu yang nyetok madu di rumahnya. Karena dipercaya dan terbukti ampuh dalam menyembuhkan beberapa penyakit, salah satunya adalah radang tenggorokan. Bahkan, tidak sedikit pula yang nyetok madu di rumah untuk dijadikan sebagai bahan pembuat skincare.

Hal ini tentu menjadi indikasi utama, mengapa kemudian banyak oknum jahat yang melakukan upaya penipuan dengan membuat madu palsu. Apalagi ternyata, madu adalah salah satu bahan yang memang tergolong mudah dipalsukan. Maka, jika Anda benar-benar ingin mendapatkan khasit madu, ketahui perbedaan madu asli dan palsu, kemudian lakukan pengecekan terhadapnya. Supaya manfaat dan khasiat madunya benar-benar Anda dapatkan.

Buat yang penasaran perbedaan madu asli dan palsu dan ingin melakukan pengecekan sendiri, maka Anda bisa melakukan eksperimen kecil-kecilan. Berikut penjelasannya.

Larut dalam air

Sebenarnya, madu asli dan palsu sama-sama larut dalam air. Hanya saja, dalam proses larutnya, ada sedikit perbedaan yang sangat mendasar. Dan hal ini bisa dengan mudah kamu amati. Caranya, teteskan madu ke dalam air. Dan perhatikan, apakah madunya langsung melebur dengan air, atau malah jatuh ke dasar wadah.

Nah, jika madunya langsung melebur dengan air, itu artinya madu tersebut sudah tidak asli lagi. Karena sudah ditambahkan dengan bahan-bahan lain. Seperti air, sari jagung, gula, dan kandungan lainnya yang pasti berakibat pada rusaknya gizi di dalam madu.

Sebaliknya, jika madunya ternyata langsung menuju dasar wadah, maka hal ini mengindikasikan, bahwa madu tadi adalah madu asli. Sederhana bukan?

Teksturnya

Perbedaan madu asli dan palsu kedua yang dapat Anda amati adalah dengan melihat teksturnya. Perhatikan baik-baik, apakah madu yang sudah Anda beli bertekstur kental atau malah seperti air.

Madu yang asli, adalah madu dengan tekstur kental. Yang jika Anda letakkan di jari, kemudian ingin meteskannya ke lantai, maka madunya pasti membutuhkan waktu yang agak lama agar terjatuh ke lantai. Karena pengaruh dari teksturnya yang kental. Berbeda halnya dengan madu yang palsu. Teksturnya cair, sehingga begitu Anda letakkan di tangan, dan ingin menjatuhkannya ke lantai, maka sudah barang tentu, dalam sekejap saja madu tersebut sudah mentes ke lantai. Dikarenakan teksturnya yang cair.

Dari segi beku atau tidaknya

Tampaknya, pertanyaan seputar apakah madu asli beku atau tidak terus menjadi perdebatan dan perbincangan yang hangat. Nah, jika Anda merasa bingung dengan perdebatan tersebut, dan bingung hendak meyimpulkan apakah madu asli beku atau tidak, maka jawabannya simple kok, yaitu tidak beku.

Cobalah memasukkan madu ke dalam freezer malam hari. Dan tunggu hingga sejam, dua jam, dan seterusnya. Perhatikan teksturnya. Apakah membeku? Jika membeku, maka madunya sudah dipastikan palsu, karena sudah terkontaminasi dengan bahan-bahan lain.

Sementara jika tidak beku sama sekali, dan bisa langsung Anda konsumsi, maka ini adalah indikasi yang jelas sekali, bahwa madu tersbut adalah madu asli.

Jadi mulai sekarang, Anda tidak perlu lagi bingung ketika akan membeli madu. Karena Anda sudah tahu perbedaan madu asli dan palsunya, lengkap dengan cara melakukan pengetesan terhadap madu tersebut.

Perbedaan Madu Asli dan Palsu dengan Mengetes Madu

Selain ketiga perbedaan madu asli dan palsu di atas, ada beberapa perbedaan lainnya, seperti apakah madu asli akan membuat kertas lebih mudah dirobek atau tidak, apakah madu berbusa atau tidak, hingga apakah madu asli akan membuat tekstur roti menjadi lebih keras. Dan lain sebagainya.

So, mulai sekarang, yuk lebih jeli ketika akan membeli madu. Dan alangkah bijak dan baiknya jika Anda membeli madu langsung dari peternak lebahnya, karena dijamin deh tidak akan tertipu. Nah, jika Anda bingung hendak membeli madu asli langsung dari peternaknya, maka kami adalah solusinya.

Ya, Omah Klanceng Bee Farm adalah solusi yang paling tepat.Karena kami merupakan peternak lebah dan sudah pasti membudidayakannya sendiri. Sehingga, madu yang kami jual sudah dipastikan asli 100%. Bahkan, kami juga memberikan garansi kepada semua konusmen kami. Demikian seputar perbedaan madu asli dan palsu. Semoga bermanfaat.

 

 

Perbedaan Madu Asli dan Palsu, dan Cara Ngetesnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top