Yuk Kenali Dulu Perbedaan Madu Asli dan Palsu

Hingga kini, khasiat madu bagi kesehatan tubuh dan wajah memang tidak perLu diragukan lagi. Dan bahkan, sudah banyak penelitian-penelitian yang membuktikan, bahwa madu memang menjadi salah satu cairan yang kaya akan manfaat. Hal ini juga senada dengan penelitian yang telah dilakukan oleh The European Food Information Council. Sayangnya, informasi tentang banyaknya khasiat madu kemudian membuat mulai berMunculan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, yang ingin meraup keuntungan dengan menjual madu palsu, yakni dengan mencampurkan madu dengan bahan lain, seperti invert sugar, pati, sirop jagung, tepung, molasses, glukosa, dan lain sebagainya. Sehingga membuat masyarakat bingung perbedaan madu asli dan madu palsu.

Karena hal inilah akhirnya kamu harus tahu perbedaan madu asli dan palsu. Karena, semua khasiat madu hanya dapat kamu peroleh jika madu yang kamu konsumsi adalah madu asli atau madu murni. Dan jika ternyata kamu sampai salah membeli madu, maka alih-alih mendapatkan kesehatan, madu palsu justru akan membuat kamu mendapatkan penyakit. Maka untuk saat ini, sangat diperlukan mengetahui perbedaan madu asli dan palsu ya.

Perbedaan Madu Asli dan Palsu

Satu hal yang harus kamu catat, bahwa tidak seluruh madu yang kamu temukan di pasaran adalah madu asli. Maka, tolong perhatikan perbedaan madu asli dan palsu di bawah ini baik-baik.

Sangat Kental

Perbedaan madu asli dan palsu yang pertama bisa kamu lihat dari teksturnya. Kalau madunya asli, maka teksturnya sangat kental. Sehingga, apabila kamu goyangkan botol madunya sedikit saja, maka gerakan madu di dalamnya tuh lambat banget. Berbeda halnya dengan madu palsu yang teksturnya tuh jelas-jelas lebih cair. Jadi, kalau kamu goyangkan botolnya, maka pergerakan madunya tuh cepet banget, karena ringan. Dan ini menjadi indikasi bahwa madunya palsu.

Tidak Lengket

Perbedaan antara yang palsu dan yang asli yang kedua adalah dari segi lengket atau tidaknya. Kalau madu asli, ketika kamu gosokkan ke jari, maka madunya tuh cenderung nggak lengket ya. Sementara kalau madu palsu, ketika kamu gosokkan ke jari, pasti lengket banget. Karena madunya sudah dicampurkan dengan bahan-bahan tambahan, terutama pemanis buatannya. Selain itu, madu asli juga akan menyerap ke dalam kulit ketika kamu gosokkan ke jari atau tangan, beda halnya dengan madu palsu yang cederung meninggalkan butiran.

Tes Roti

Perbedaan madu asli dan palsu yang selanjutnya adalah, ketika kamu mengoleskan madu ke roti. Nah jadi, apabila madunya asli, pasti rotinya bakalan menjadi lebih bertesktrur keras ya dalam beberapa menit saja. Dan kalau madunya palsu, ya pasti akan membuat rotinya malah jadi basah.

Tidak Mudah Larut dalam Air

Madu yang asli, kalau kamu tuangkan ke dalam air, pasti susah larutnya, atau paling nggak butuh waktu deh. Beda banget sama madu palsu yang pasti bisa larut seketika di dalam air. Untuk mengetahui perbedaan madu asli dan palsu satu ini mudah ko. Kamu hanya perlu menyiapkan segelas air, kemudian teteskan saja beberapa tetes madu.

Tidak Berbuih Jika Dipanaskan

Madu yang asli, pasti akan langsung berkaramelisasi ketika kamu panaskan. Dan ketika dipanaskan ini, dia tidak akan menghasilkan buih. Sementara kalau madu palsu kamu panaskan, maka akan bermunculan busa. Karena sudah ditambahkan dengan gula dan juga air. Cara melihat apakah madunya berbuih atau tidak ketika dipanaskan juga sangat mudah ya. Kamu harus menyiapakan alat nya dulu, berupa lilin, korek, dan sendok.

Pertama, hidupkan koreknya atau hidupkan apinya, kemudian kamu bisa menuangkan beberapa tetes madu saja ke sendok, lalu bakar di atas api lilin tadi. Perhatikan buih yang dihasilkan.

Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil

Rasa dan Warna

Perbedaan yang selanjutnya berasal dari rasa dan juga warnanya. Kalau madu asli, pasti tidak akan menyisakan rasa di lidah. Sementara madu palsu malah sebaliknya. Tapi kalau soal rasa mah susah dinilai ya. Karena bagaimanapun, masing-masing madu mempunyai rasa yang berbeda-beda, karena memang disesuaikan dengan nectar bunga yang diambil oleh lebahnya.

Nah, biasanya nih, madu dengan warna yang terang rasanya akan jauh lebih ringan dibandingkan dengan madu yang warnanya gelap.

Tes Daya Serap

Ketika kamu meneteskan madu ke atas kertas minyak, dan kertas tersebut tidak menyerap madunya, maka bisa dikatan bahwa madu tersebut asli. Namun ketika kertasnya menyerap madu, itu artinya, madunya palsu. Hal ini sama seperti perbedaan ketika madu di oleskan ke atas roti ya.

Jadi, banyak sekali perbedaan madu asli dan palsu yang bisa kamu temukan. So, pelajari dengan baik perbedaan di atas, dan praktekkan ketika kamu akan membeli madu. Jika bingug membeli madu asli dimana, ya kamu bisa ke Omah Klanceng Bee Farm saja. Karena madu-madu di Omah Klanceng kami jamin berkualitas terbaik.

 

Yuk Kenali Dulu Perbedaan Madu Asli dan Palsu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top